Indonesia yang digadang menjadi kiblat fashion muslim di dunia pada tahun 2025 menjadi trendmark tersendiri bagi semua kalangan, khususnya perancang busana muslim yang terus berjamuran. Antusias dari para pelaku seni ini sangat mendukung momen untuk mewujudkan misi tersebut.

Transformasi dari gaya konservatif menjadi gaya yang lebih kontemporer berjiwa muda terjadi diberbagai rancangan fashion muslin di Indonesia. Tanpa menghilangkan ciri khas culture timur, Indonesia melakukan berbagai inovasi tersebut.

Social media sebagai salah satu media campaign memberikan dampak yang baik bagi pertumbuhan fashion muslim. Hadirnya berbagai desainer muda yang menginspirasi dan membawa hasil karya dengan ciri khas masing-masing memberikan dampak yang besar bagi perkembangan fashion muslim di Indonesia maupun mancanegara, seperti Dian Pelangi, Ria Miranda dan Jenahara Nasution juga perancang busana lainnya.

Demi mencapai Indonesia menjadi Kiblat Fashion Muslim di dunia berbagai kalangan berbondong-bondong memberikan ide dan gagasan untuk mendukung program ini. Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) sebagai salah satu wadah yang mempertemukan beberapa perancang busana di Indonesia bermimpi dapat mengembangkan fashion muslim Indonesia tak hanya di dalam negeri, bahkan sampai ke tingkat dunia.

Pergerakan dari berbagai kalangan ini berdampak besar pada ekonomi negara. Menurut Dirjen Industri Kecil Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian, Euis Saidah, terdapat 20 juta penduduk Indonesia yang menggunakan hijab. Dan pertumbuhan ini memberikan dampak besar bagi perekonomian negara, khususnya bidang industry. Secara umum, industri fashion saat ini mampu menyumbang 50 persen dari pendapatan negara di bidang industri kreatif dan terdapat 2-3 persen pertumbuhan ekspor setiap tahun.

Namun untuk mencapai impian tersebut, pasti dihadapkan oleh berbagai tantangan. Tantangan yang dihadapi yaitu kemampuan SDM, bahan baku, teknologi, pemasaran dan modal. Oleh karenanya, berbagai sektor harus saling bersinergi dalam mendukung terwujudnya Indonesia sebagai Kiblat Fashion Muslim tahun 2020 dan tahun 2025 menembus pasar dunia.

 

Image Source :
www.letsenrol.com
www.viva.co.id

Write A Comment