Semangat untuk mempelajari ilmu ekonomi yang sesuai dengan prinsip Islam menjadi dasar bagi Greget Kalla Buana untuk berkecimpung di dunia Islamic Finance. Greget meyakini bahwa prinsip ekonomi dalam Islam akan membawa kebaikan dunia dan akhirat karena menitikberatkan pada keadilan, kemaslahatan, dan keseimbangan bagi setiap orang. Jika dalam prinsip investasi ada istilah ROI (Return on Investment) yang Landasan berupa prinsip ukhuwah, Syariah, akhlak, dan akidah akan mewujudkan RoA (Return on Akhirah).

Sistem ekonomi Islam yang menyelaraskan antara umat, ziswaf, transaksi Berdasarkan mashlahah dan Syariah akan berdampak pada kestabilan dan keberlangsungan pertumbuhan ekonomi. Hal ini dapat diwujudkan melalui wakaf dan investasi yang berdampak pada kemiskinan nol persen.

Setiap orang dapat merdeka secara finansial asalkan mau belajar karena sebetulnya uang bukan melulu tentang alat bayar tapi tentang bagaimana kita berperilaku. Diperlukan ikhtiar ketika mencari rezeki dan merasa qana’ah atas rezeki yang didapat untuk mencapai konsep falah (sukses di dunia dan akhirat). Cakupan perencanaan keuangan dipengaruhi oleh nilai, peristiwa penting, gaya hidup, kebutuhan dan siklus keuangan. Hal ini mencakup wealth purification (zakat dan pajak), wealth protection (takaful dan asuransi, pensiun), wealth distribution (wakaf, waris, wasiat), wealth accumulation (investasi), dan laporan arus kas.

Agar mencapai kondisi finansial yang sehat maka setiap orang perlu mengukur kondisi finansialnya saat ini, menyusun tujuan keuangan, mengidentifikasi tindakan alternative, mengevaluasi, mengeksekusi sesuai rencana, dan meninjau secara berkala. Dalam mewujudkan sistem finansial yang Syariah, Hijra Bank hadir sebagai salah satu pilihan yang tepat. Lahir dari ide dan menjadi karya anak bangsa, Dima Djani dan tim membangun Hijra Bank dan ALAMI Sharia dengan semangat mewujudkan sistem perbankan Syariah untuk mendukung proses Hijrah Finansial para Muslim agar tidak bersinggungan dengan riba dan hal-hal yang bertentangan dengan prinsip Islam dalam perencanaan keuangannya.

Write A Comment