Dewasa ini semakin banyak muslimah dari berbagai latar belakang usia dan pendidikan menekuni profesi sebagai pengusaha, atau akrab disebut Muslimah Preneur. Geliat dunia bisnis menjadi hal yang menarik untuk dijajal, selain dapat menjadi wadah kreativitas tentu saja penjadi pedagang dan pengusaha adalah hal yang dicontohkan oleh Rasulullah saw. Bahkan istri beliau, Khadijah as juga seorang pengusaha wanita yang sukses di zamannya.

Dari kisah Rasulullah saw, banyak dikisahkan bahwa beliau melayani pelanggannya dengan sepenuh hati. Kepuasan pelanggan, pelayanan yang ramah, jujur dan selalu memberikan yang terbaik, adalah beberapa sikap yang senantiasa diterapkan oleh Rasulullah saw ketika berhadapan dengan pelanggannya.

people communication

Selain sikap yang diterapkan dalam melayani pelanggan, tentunya sebuah bisnis yang digeluti oleh setiap Muslimah membutuhkan kiat-kiat berkomunikasi yang dapat diterapkan secara positif untuk meng-influence pelanggan agar tertarik pada produk yang dipasarkan dan tentunya didukung oleh produk yang berkualitas. Beberapa kiat tersebut diantaranya:

  1. Memasarkan Produk Secara Halus

Dewasa ini, memasarkan produk tidak selalu dilakukan secara langsung (hard selling) namun juga bisa dilakukan secara halus seperti melalui promosi dari konsumen ke konsumen lainnya dan menulis review produk dalm sebuah artikel.

  1. Mempromosikan Produk dengan Tidak Terbata-bata

Beberapa orang yang memiliki kebiasaan untuk berbicara dengan terbata-bata ketika mempromosikan sebuah produk akan membuat calon konsumen meragukan produk tersebut. Promosi produk yang dilakukan secara lancar dengan intonasi suara yang tepat, tidak terbata-bata dan diucapkan dengan jelas, dapat membuat calon konsumen tertarik pada produk yang ditawarkan.

  1. Berlatih Mempromosikan Produk Dihadapan Teman

Terkait dengan poin kedua, ketika akan mempromosikan suatu produk, tentunya ada beberapa orang yang merasa gugup dan kata-kata yang diucapkan justru menjadi tidak jelas dan bertele-tele. Untuk melatih kemampuan berpromosi, tidak ada salahnya untuk mencoba berpromosi dihadapan teman. Kita dapat meminta masukan tentang gaya bicara, gesture tubuh dan suara ketika berbicara.

  1. Perhatikan Visual Promosi Produk

            Saat ini, produk tidak hanya ditawarkan dalam bentuk fisik namun juga online. Tampilan produk di berbagai media sosial turut menjadi hal penting karena tampilan dan keterangan terkait produk tersebut adalah bentuk pesan yang dikomunikasikan kepada calon pelanggan. Tampilan visual harus dirancang menarik namun tetap jujur dalam memasarkan produk.

Write A Comment