Hijabers Community. Sebuah komunitas yang rasanya tidak asing terdengar di kalangan para muslimah di Indonesia, khususnya wilayah Jakarta. Jika melihat berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh para komite Hijabers Community (HC), rasanya selalu bertanya-tanya, bagaimana rasanya jadi komite HC? Hal itu pula yang ada dalam pikiran saya. Bermula dari keingintahuan tentang HC, dari situlah muncul semangat keinginan saya menjadi bagian dari komite Hijabers Community.

Awal mula perkenalan dengan HC, sejujurnya bukanlah hal yang istimewa. Di usia yang masih belasan tahun, saya beberapa kali mengikuti kegiatan pengajian rutin dan acara HC Day (yang kala itu masih bernama Hijab Day). Saya masih melihat komunitas HC sebagai sebuah komunitas berisi wanita-wanita cantik berhijab yang tinggi semampai bak model sehingga terlihat begitu eksklusif. Sebagai remaja perempuan pada umumnya, impresi saya ketika melihat para komite HC kala itu masih sebatas “wah enak ya jadi mereka. Cantik, punya koneksi luas, temenan dengan orang-orang penting”. Sama sekali belum terpikir bahwa sebenarnya, ada semangat mendasar para komite HC untuk berdakwah lewat kegiatan-kegiatan yang mereka selenggarakan.

Perlahan pandangan saya terhadap Hijabers Community bukan lagi sekadar perkara duniawi. Saya mulai melihat bahwa apa yang dilakukan oleh komite HC lebih kepada semangat untuk bersyiar tentang Islam melalui kegiatan sosial, fashion dan lifestyle. Pun penampilan yang menarik adalah salah satu cara yang saya rasa sebagai sebuah citra bahwa wanita muslimah bisa tetap tampil apik dan cerdas serta memiliki akhlak yang baik. Semangat saya untuk bisa menjadi komite HC semakin besar. Beruntung, di tahun 2017, HC menyelenggarakan open recruitment untuk komite HC Pusat. Luar biasa antusias. Itu yang saya rasakan. Antusiasme dan rasa minder bercampur menjadi satu. Satu per satu tahapan saya ikuti dengan antusias. Bertemu dengan berbagai Muslimah hebat yang memiliki visi untuk berkontribusi bagi kemajuan Islam.

Pengalaman mengikuti berbagai tahapan seleksi sampai akhirnya menjadi komite HC tentunya sangat menyenangkan. Bekerja sama dengan orang-orang baru dari berbagai latar belakang, bertukar ide, dan berdiskusi tentang berbagai hal. Seiring berjalannya waktu, ada esensi yang semakin saya sadari. Bekerja sama dengan para wanita hebat dari berbagai latar belakang usia dan profesi bukanlah hal yang mudah. Terlebih selalu ada bumbu-bumbu penyedap seperti perbedaan pendapat yang terkadang memanas. Lebih dari itu, ketika kondisi sudah mulai tidak menemukan titik temu, maka kami selalu ingat, bahwa tujuan dan komitmen kami berada di Hijabers Community adalah sebagai jalan dakwah kami untuk memajukan Islam dan sebagai media komunitas untuk para muslimah menjalin ukhuwah. Dengan segala keberagaman yang ada, satu hal yang selalu saya yakini, Hijabers Community adalah sebuah titik yang mempertemukan berbagai upaya untuk berbuat kebaikan bagi sesama Muslim.

Ditulis oleh Nara Pangestika Vidyani

Write A Comment