Anak Sedih, Ayah Bunda Coba Bilang Ini Yuk

Assalammualaikum Hijabers,

Mendengar si kecil menangis memang terkadang suka bikin emosi ya. Apalagi kalau nangisnya tanpa sebab dan dalam waktu yang lama. Tapi hijabers tau nggak, kalau menangis itu adalah proses si kecil meluapkan emosi atau menyampaikan keinginannya.

Jadi jangan langsung memarahi atau mencari cara agar anak berhenti menangis ya. Lebih baik beri perhatian kepada si kecil dengan memeluknya dan menyampaikan kata-kata yang bisa membuat si kecil tenang bahkan berhenti menangis.

Ada beberapa kalimat penyemangat atau penghibur untuk si kecil yang sedang menangis:

1. “Jangan sedih ya sayang, ada mama ko disini”
Kalimat ini merupakan kalimat dukungan, bahwa anak tidak sendirian. Orang tua selalu ada untuk mereka disaat senang ataupun sedih.

2. “Sini cerita sama bunda, ade sedih kenapa?”
Saat orang tua mengatakan ini pada anak, akan sangat membantu mereka untuk mengungkap isi hatinya dan lebih terbuka kebada orang tua tanpa ada yang ditutupi.

3. “Ayah sama bunda sayang sama kamu.”
Ini merupakan kalimat sederhana yang bisa diucapkan ayah atau bunda saat anak sedang menangis. Kalimat ini bisa membuat anak merasa dicintai dan aman berada dekat dengan orang tua.

4. “Abang mau sendirian dulu? Nanti kalau sudah tenang panggil papa ya.”
Memberikan waktu dan ruang pada anak untuk menyelesaikan kesedihannya dapat membuat anak akan merasa mandiri dan percaya diri untuk bangkit kembali

5. “Kakak sedih ya? Nggak apa-apa ko, ayah juga pernah sedih.”
Kalimat ini memberi tahu kepada anak bahwa sedih atau menangis adalah hal yang wajar, dan merupakan proses mereka meluapkan emosinya.

Jadi, sudah tau dong ya hijabers bagaimana caranya menenangkan si kecil yang sedang menangis. Perlu selalu diingat ya, sebelum mengatakan kalimat-kalimat penyemangat, ayah atau bunda perlu meredam emosi terlebih dahulu, agar bisa menyampaikannya dengan penuh kasih sayang.

Terakhir, jangan lupa peluk si kecil ya…

Written by Raissadisa

Write A Comment