Semenjak punya anak sudah jarang sekali menggunakan tas kecil. Yang bisanya cukup membawa dompet dan handphone saja , sekarang barang bawaanya tidak bisa sedikit, padahal hanya untuk pergi ke mall.

Jaman sekarang, biasanya ibu-ibu muda sering membawa minimal dua tas saat berpergian bersama anak. Satu tas selempang kecil yang berisi keperluan sang ibu, seperti dompet, handphone, card holder, dll. Dan tas satu lagi adalah diapers bag yang berisi keperluan si kecil. Tak jarang juga ada ibu yang membawa tiga tas, yang ketiga adalah lunch bag.

Agar tidak terkesan seperti ‘mau pindahan’, tipsnya adalah membawa benda yang penting saja yang sekiranya dibutuhkan oleh anak. Apa saja sih benda-benda penting yang wajib ada didalam diapers bag? Yuk disimak tujuh benda berikut.

1. Diapers
Karena yang dibawa adalah diapers bag, jadi hal pertama yang wajib dibawa adalah diapers. Diapers sangat dibutuhkan untuk newborn baby atau bahkan toddlers yang masih menggunakannya. Namun jika si kecil sudah tidak lagi memakai diapers, cukup membawa celana dalam extra untuk berjaga-jaga.

2. Toiletries

Toiletries ini jadi hal wajib yang harus dibawa saat traveling, baik ke mall, ke luar kota atau keluar negeri . Apa saja sih isinya toiletries untuk anak? Biasanya berisi sabun, minyak telon, bedak, dan baby cologne. Cukup menggunakan yang ukuran travel size saja, selain lebih ringkes travel size juga tidak banyak makan tempat didalam diapers bag.

3. Obat-obatan

Saat berpergian pastikan si kecil dalan kondisi yang fit, sehingga tidak perlu membawa obat-obatan yang diminum. Jadi cukup membawa obat luar saja, seperti salap gatal, balsam, trombopop, dll.

Jika si kecil mempunyai riwayat alergi, pastikan selalu membawa obat alergi yang biasa digunakan. Agar ibu tetap siaga jika si anak terkena makanan atau benda yang menimbulkan reaksi alergi.

4.Tissue Basah, Tissue Kering dan Handuk Kecil

Selain orang dewasa, ternyata anak kecil wajib membawa tissue basah, tissue kering dan handuk kecil didalam tas mereka. Gunanya adalah untuk membersihkan tangan dan mulut sehabis makan, mengelap keringat, mengeringkan badan saat ganti pakaian, atau hanya sekedar mengelap air mata saat si kecil menangis.

5. Baby Nappy Sacks

Baby nappy sacks adalah kantong plastik wangi yang dikemas seperti tissue basah. Benda ini wajib ada di diapers bag untuk menaruh diapers kotor agar tidak berbau saat harus dibuang ke tempat sampah umum. Selain itu juga bisa digunakan untuk membuang tissue kotor, berjaga-jaga saat anak mual saat perjalanan dan lain-lain.

6. Baju Ganti

Karena anak-anak mempunyai segudang energi, mereka lebih cepat berkeringat dibandingkan dengan orang dewasa. Karena itulah wajib bagi ibu untuk selalu memasukan baju ganti didalam diapers bag. Banyaknya baju ganti tergantung seberapa lama mereka berpergian.

Jika akan pulang larut malam, jangan lupa membawa piyama agar saat anak tertidur didalam mobil tidak perlu membangunkannya untuk ganti baju saat sampai dirumah. Tetapi jika hanya pergi beberapa jam, 2-3 baju ganti dirasa cukup.

7. Mainan, Buku dan Cemilan

Bawalah mainan dan buku yang simple. Jangan memaksakan membawa mainan dan buku yang terlalu besar karena akan merepotkan ibu saat berjalan-jalan. Selain itu jangan lupa untuk membawa cemilan yang disukai oleh anak.

Dua hal ini sangat dibutuhkan saat anak mulai bosan menemani ibu berbelanja. Atau bisa jadi ‘senjata ampuh’ agar anak mau duduk di baby chair untuk makan. Selain itu membawa mainan dan buku bisa membuat mereka tidak merengek minta dibelikan mainan. Dan cemilan bisa membuat mereka duduk manis di stroller setelah lari-larian di mall.

Write A Comment