Musim hujan ditambah aktifnya kegiatan buah hati tidak jarang membuka akses virus dan bakteri untuk menyerang imunitas tubuh. Selanjutnya anak pun menjadi jatuh sakit dan hal ini jelas menjadi kekhawatiran orang tua. Untuk mencegah hal ini, para orang tua perlu mengajarkan beberapa kebiasaan baik yang dimulai sejak dini. Mencegah selalu lebih dari mengobati bukan? Berikut jurus-jurus ampuh untuk mencegah penyakit datang pada anak:

1. Rajin mencuci tangan
Biasakan anak mencuci tangan atau menggunakan hand-sanitizer saat pulang sekolah, setelah bermain bersama teman-teman, dan sebelum makan.

Via pixnio.com

2. Bergerak dengan aktif
Studi menunjukkan bahwa bergerak aktif atau berolahraga mengurangi kemungkinan anak menderita flu dan demam sebanyak 25 hingga 50%.

Via upload.wikimedia.org

 

3. Tidur yang cukup
Pastikan anak cukup tidur setiap harinya. Anak yang jam tidurnya kurang memenuhi jam yang disarankan dapat lebih mudah mudah terkena flu dan demam. Bayi pada umumnya memerlukan kurang lebih 14 jam tidur dan balita memerlukan 11 hingga 13 jam tidur.

Via commons.wikimedia.org

4. Hindari menyentuh wajah
Virus flu dan demam masuk ke badan melalui hidung, mata, dan mulut. Oleh karena itu, ajarkan anak untuk tidak menyentuh area-area ini. Jika kesulitan, biasakan anak untuk mencuci tangan secara teratur. Selain itu, bimbing anak untuk tidak berbagi sedotan, gelas, dan sikat gigi.

5. Mengkonsumsi makanan sehat
Daya tahan tubuh anak dapat ditingkatkan dengan mengkonsumsi buah dan sayur yang kaya vitamin C (jeruk, stroberi, brokoli) serta vitamin D (sereal, ikan tuna, susu). Selain itu, mengkonsumsi yogurt dengan bakteri baik juga membantu membangun daya tahan tubuh anak.

Write A Comment