Rumah adalah madrasah pertama dan paling utama dalam pembentukan generasi muslim yang beriman dan bertaqwa. Bila kita mau bersungguh-sungguh untuk menghidupkan amalan agama seperti taklim keluarga di rumah kita sehari-hari, maka rumah kita dikunjungi oleh para malaikat-malaikat Allah SWT dan syaitan-syaitan akan keluar dari rumah. Rumah kita juga dikaruniakan dengan taufiq & hidayah, curahan rahmat akan turun ke rumah kita, dan sakinah (ketenangan) akan masuk ke dalam setiap jiwa anggota keluarga kita, kemudian segala amalan buruk, kegelapan, ketegangan akan djauhkan daripada rumah kita.
Amalan ini fadilahnya rumah kita akan di penuhi nur yang cahayanya sampai ke langit, dan In syaa Allah kehidupan suami, isteri dan anak-anak akan bahagia dan dijauhkan dari fitnah dajjal karena dajjal tidak akan masuk ke dalam rumah yang hidup dengan taklim rumah.

Dalam hadits Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

وَمَا اجْتَمَعَ قَوْمٌ فِى بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللَّهِ يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَيَتَدَارَسُونَهُ بَيْنَهُمْ إِلاَّ نَزَلَتْ عَلَيْهِمُ السَّكِينَةُ وَغَشِيَتْهُمُ الرَّحْمَةُ وَحَفَّتْهُمُ         الْمَلاَئِكَةُ وَذَكَرَهُمُ اللَّهُ فِيمَنْ عِنْدَهُ

“Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah Allah membaca Kitabullah dan saling mengajarkan satu dan lainnya melainkan akan turun kepada mereka sakinah (ketenangan), akan dinaungi rahmat, akan dikeliling para malaikat dan Allah akan menyebut-nyebut mereka di sisi makhluk yang dimuliakan di sisi-Nya.” (HR. Muslim, no. 2699)

Jadi, sekarang sudah jelas adanya bahwa kita dan keluarga lah yang sangat-sangat memerlukan majlis taklim ini demi berlangsungnya keluarga yang sakinah mawadah wa rahmah.

Berikut ini langkah-langkah menghidupkan taklim keluarga di rumah kita sendiri:

1. Tentukan waktu dan untuk majlis taklim.
Waktu terbaik untuk taklim keluarga adalah ketika seluruh anggota keluarga telah berkumpul pada hari yang ditentukan. Katakanlah waktu taklim telah diputuskan pada pukul 8 malam selepas sholat Isya, maka semua anggota keluarga di dalam rumah kita, perlu menghentikan sejenak kegiatan masing-masing dan berkumpul untuk majlis taklim.

2. Tentukan tempat
Tentukan ruangan khusus di rumah  untuk mengadakan majlis ta’lim. Sebaiknya taklim diadakan di tempat dan waktu yang sama secara istiqamah karena In syaa Allah, malaikat-malaikat akan menunggu kedatangan ayah ibu sekeluarga pada setiap hari di tempat yang sama.

3. Sempurnakan sikap
Bawalah adab-adab duduk di dalam majelis dengan sempurna, seperti duduk iftirasy, menutup aurat dan jangan lupa selalu awali dengan berwudhu dan menjaga wudhu agar jiwa dan raga kita selalu suci.

4. Tentukan tema bahasan taklim
Tentukan bab bahasan yang berbeda pada setiap pertemuan misalnya tentang fadilah amal, thaharah, tauhid, pembahasan masalah sunnah dan sebagainya. Beri peluang kepada seluruh anggota keluarga untuk menyampaikan dakwah.

5. Rutinkan minimal 30 menit sehari
Suatu hal yang dilakukan secara rutin akan membentuk kebiasaan dan karakter. Majelis ilmu atau taklim ini akan mengokohkan dan mempererat ikatan dalam keluarga, mengentalkan suasana agama dan kelembutan anggota keluarga akan dibentuk oleh Allah SWT dengan bantuan para malaikat-malaikatNya.

Mari kita sama-sama berupaya menghidupkan majlis taklim di dalam rumah kita, karena majelis ini merupakan satu sunnah Rasulullah SAW yang mengundang banyak keberkahan. Semoga Allah SWT memberikan taufiq dan hidayahnya kepada kita semua agar istiqamah dalam menghidupkan majlis taklim di rumah kita sendiri.

Write A Comment