Sebagai orang tua yang mempunyai anak-anak usia sekolah, membangunkan anak di pagi hari untuk berangkat sekolah tanpa keributan dan keramaian merupakan salah satu hal yang cukup menantang. wajar sekali ketika terkadang anak kita susah sekali untuk bangun pagi karena berbagai alasan. diantaranya yang sering terjadi adalah masih mengantuk, tidak mau mandi, tidak mau sarapan, masih ingin main, dan lain sebagainya. untuk itu mari kita simak tips berikut agar anak kita lebih mudah bangun di pagi hari.

1. Mengatur Jadwal Tidur yang Seimbang

Mulai lebih disiplin dalam mengatur aktivitas anak. istirahat yang cukup di siang hari dan jangan tidur terlalu lama. pastikan jam tidur siang anak tidak terlalu sore sehingga tidak terlalu dekat dengan waktu tidurnya di malan hari. Selesaikan waktu makan, bermain atau tugas sekolah beberapa jam sebelum waktu tidurnya. Dengan begitu, tubuh anak akan mengikuti jam biologis yang alami dan bisa bangun pagi tepat pada waktunya.

2. Beritahu Anak konsekuensi Bangun terlambat

berikan penjelasan terlambat bangun dapat berakibat buruk, misalnya dihukum oleh guru, ketinggalan mobil jemputan, dapat tugas tambahan dan lainnya. ketika anak merasakan sendiri akibatnya, keesokan harinya ia akan berpikir panjang untuk menarik selimutnya dan tidur lagi.

3. Membuat kesepakatan rutinitas pagi hari yang menyenangkan

Hal ini dapat kita diskusikan dan sepakati bersama anak. misalnya ketika sudah waktunya bangun, kita dapat membangunkannya dengan memainkan musik atau lagu kesukaan anak kita. biasanya anak akan langsung semangat ketika mendengarnya. selain itu bisa juga dengan selalu membuatkan sarapan favorite anak yang sudah ditanyakan malam sebelumnya.

4. Mencicil persiapan sekolah di malam hari

Maka, sebisa mungkin cicil persiapan di pagi hari sejak malam. Misalnya menyiapkan seragam atau menata buku pelajaran. Ketika bangun, anak pun tinggal mandi dan sarapan saja sehingga aktivitas di pagi hari jadi terasa lebih ringan.

selamat mencoba ya ayah dan bunda ! semoga bermanfaat ūüôā

 

Image source : keluarga.com

Write A Comment